Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif yang signifikan dari kualitas pelayanan dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas konsumen Ramboe Gym. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan, kepercayaan pelanggan, dan loyalitas konsumen. Kualitas pelayanan dan kepercayaan pelanggan adalah variabel independen, sedangkan loyalitas konsumen merupakan variabel dependen dalam penelitian ini. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh member Ramboe Gym. Jumlah sampel yang dikumpulkan adalah 35 responden dengan menggunakan metode Convenience Sampling, analisis data yang digunakan adalah perangkat analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen. Kepercayaan pelanggan juga berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, dan kualitas pelayanan dan kepercayaan pelanggan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen pada Ramboe Gym ITC Fatmawati, Jakarta Selatan. |