Dalam persaingan yang sangat ketat di era globalissi, perusahaan harus selalu dapat meningkatkan mutu produk yang dihasilkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari biaya kualitas terhadap mutu produk dan pengaruhnya terhadap laba perusahaan. Suatu perusahaan dikatakan baik apabila biaya kualitas yang dikeluarkan oleh perusahaan tidak lebih besar dari 2,5% darI total penjualan tiap tahunnya. Dalam penelitian, diketahui bahwa persentase total biaya kualitas terhadap penjualan yang terjadi pada tahun 2008 sebesar 0,804%, tahun 2009 sebesar 1,261%, tahun 2010 sebesar 0,714% dan tahun 2011 sebesar 0,542%, sedangkan komposisi elemen biaya kualitas terhadap penjualan yang terjadi pada tahun 2011 yaitu biaya pencegahan sebesar 0,305%, biaya penilaian 0,143%, biaya kegagalan internal sebesar 0,014%, biaya kegagalan eksternal sebesar 0,080% Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa biaya kualitas yang dilakukan CV Sinar Baja Electric sudah baik karena persentase terhadap penjualan tidak lebih dari 2,5% |