Mekanisme bisnis secara universal diwarnai dengan perkembangan teknologi yang pesat dan persaingan yang semakin sengit. Informasi yang lebih dari sekedar informasi keuangan diperlukan guna mengadaptasi dan melakukan perubahan – perubahan stratejik. Informasi akuntansi manajemen merupakan informasi yang bermanfaat dalam mengukur, menganalisis, dan menyampaikan informasi keuangan dan nonkeuangan yang akan membantu manajemen untuk membuat keputusan guna mencapai tujuan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh dari perkembangan teknologi informasi dan persaingan pasar terhadap kebutuhan perusahaan akan informasi akuntansi manajemen. Dua variabel kontekstual dijabarkan ke dalam enam indikator dan dianalisis untuk melihat bagaimana pengaruhnya terhadap kebutuhan informasi akuntansi manajemen. Jawaban kuesioner dari 24 sampel ditabulasikan dan dianalisis dengan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif yang signifikan dari variabel – variabel kontekstual terhadap kebutuhan informasi akuntansi manajemen. |