Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja perusahaan, tidak hanya dari sisi keuangan, tetapi juga sisi non keuangan perusahaan. Dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard, perusahaan dapat mengetahui kinerja perusahaannya secara komprehensif.Penulis mencoba menerapkan metode Balanced Scorecard sebagai pengukuran kinerja pada PT ASIA JAYA. Pengukuran aspek keuangan dilakukan dengan analisis terhadap laporan keuangan perusahaan pada kuartal pertama tahun 2011 dan kuartal pertama tahun 2012. Sedangkan pengukuran aspek non keuangan yang terdiri dari perspektif pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan, manajemen tingkat atas, dan karyawan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kinerja pada ketiga perspektif memberikan dampak kepada perspektif keuangan tetapi tidak secara signifikan. Untuk itu, perusahaan harus lebih meningkatkan kapabilitas karyawan, agar dengan adanya keseimbangan dalam keempat aspek diharapkan perusahaan dapat meningkatkan laba dan melipatgandakan kinerja keuangannya. |