Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:13 WIB
Detail
BukuPeran Guru Dalam Membangun Kedisiplinan dan Tanggung Jawab Siswa SMP Santo Lukas 2, Sunter, Jakarta
Bibliografi
Author: JESSICA, TANIA ; Adjisuksmo, Clara R.P (Advisor)
Topik: Peran guru; pendidikankarakter; disiplin; tanggungjawab
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Magister Profesi Psikologi Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2012    
Jenis: Theses - Master Thesis
Fulltext: Tania Jessica's Master Theses.pdf (2.52MB; 133 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MP-106
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Salah satu sekolah swasta di bilangan Jakarta yaitu SMP Santo Lukas 2 memiliki banyak kasus siswa yang melanggar aturan di sekolah. Berbagai hukuman sudah pernah diberikan namun kurang memberikan efek jera bagi parasiswa yang sering melanggar. Secara umum, pelanggaran aturan yang dilakukan siswa berkaitan dengan karakter disiplin dan tanggung jawab.Karakte rmerupakan kebiasaan yang tertanam dalam diri seseorang, ditunjukkan melalui perkataan dan tingkah laku. Pembentukan karakter seseorang dipengaruhi oleh factor keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar. Salah satu factor penting yang turut mempengaruhi karakter siswa di sekolah adalah peran guru.Berdasarkan hasil penelitian, guru-guru SMP Santo Lukas 2, Sunter belummenjalankanperannyasebagai guru yang professional sehingga belum dapat menjad icaregiver, teladan, dan mentor etika yang baik bagi siswa. Di sekolah siswa meniru guru, teman-teman di
sekolah dan warga sekolah lainnya.Akan tetapi, beberapa sikap para guru masih belum dapat dijadikan teladan bagi siswa sehingga siswa kurang disiplin dan bertanggungjawab. Berdasarkan hasil asesmen di atas, peneliti merancang sebuah program intervensi berupa lokakarya dengan metode partisipatori guna menyadarkan para guru akan perannya sebagai guru yang profesional. Tujuan diberikannya program ini adalah untuk mempersiapkan guru SMP Santo Lukas untuk dapat berperan dalam membangun tanggung jawab dan kedisiplinan pada siswa siswinya. Lokakarya ini mengaplikasikan metode pendidikan orang dewasa yang partisipatori dalam pembahasan 1) Mengenal pendidikan karakter di sekolah, 2) “Aku yang terpanggil”, 3) Membangun kedisiplinan siswa, 4) Membangun tanggung jawab siswa, 5) Pembuatan program pendisiplinan, 6) Pembuatan program tanggung jawab. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah dapat dilakukan Penelitian evaluasi dari program ini setelah enam bulan, memberikan intervensi lanjutan untuk masalah karakter yang
lainnya, dan mendapatkan informasi juga dari beberapa orang tua mengenai tanggapannya tentang sekolah.Sedangkan saran peneliti bagi SMP Santo Lukas 2 adalah mengadakan pelatihan guru
untuk meningkatkan kemampuan dalam mengajar, memberikan pujian dan kata-kata positif kepada siswa, memberikan teladan bagi siswa, menerapkan pendisiplinan secara konsisten, dan mengimplementasikan program pendisiplinan serta tanggung jawab pada siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)