Sales Office Head di PT. Astra International. Tbk – Honda Sales Operation (HSO) memiliki tuntutan pekerjaan yang berat. Tugas dan tanggung jawab yang mereka miliki membuat mereka dituntut mandiri dan dapat mengandalkan diri mereka sendiri. Tuntutan pekerjaan yang berat tersebut menyebabkan para SOH menjadi mudah menyerah dan memiliki kecenderungan untuk keluar dari perusahaan. Hal ini tentu saja memberikan dampak yang buruk bagi HSO apabila turnover SOH semakin sering terjadi. Konsep dari pendekatan psychological capital diasumsikan cukup sesuai untuk dapat digunakan dalam mengelolah sumber daya manusia di HSO khususnya SOH. Psychological capital adalah suatu pendekatan mengenai potensi positif yang terdiri dari hope, efficacy, resilience, optimism. Modal psikologis ini akan membuat SOH mampu bekerja secara optimal, sekalipun dalam situasi yang berat. Penelitian dilakukan terhadap SOH di HSO dengan menggunakan pendekatan positive psychological capital yang bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai psychological capital sales office head di PT. Astra International.Tbk – Honda Sales Operation. Jenis penelitian ini adalah descriptive & applied research dengan pendekatan kuantitatif menggunakan teknik sampel accidental/convenience. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah psychological capital questionnaire yang disebarkan ke seluruh SOH dan mendapatkan 68 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa psychological capital SOH di HSO berada pada tingkat tinggi. Sesuai dengan kondisi pekerjaan SOH, maka dimensi yang paling membutuhkan pengembangan lebih lanjut adalah dimensi optimism dan resilience, hal ini kemudian menjadi acuan peneliti dalam merancang modul program intervensi psikologi kapital pada SOH di PT. Astra International.Tbk – Honda Sales Operation. |