Anda belum login :: 27 Nov 2024 06:55 WIB
Detail
BukuPenggunaan Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN Rawamangun 03 Pagi
Bibliografi
Author: ARIESTY, WIDYA ; Stevanus, Ivan (Advisor)
Topik: Media Power Point; Hasil Belajar IPS
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2012    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Widya Ariesty's Undergraduate Theses.pdf (1.33MB; 16 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-193
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Media power point adalah adalah sebuah software yang menggunakan program applikasi presentasi dari Microsoft Power Point yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan Microsoft sebagai media yang digunakan dalam proses pembelajaran IPS. Hasil belajar IPS adalah hasil test yang diperoleh siswa dibandingkan dengan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Rawamangun 03 Pagi. Subjek penelitian adalah guru sebagai peneliti, guru kelas sebagai observer, dan 37 siswa kelas IVB yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengoptimalkan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I pembelajaran dilaksanakan dengan media power point dan siklus II pembelajaran dilaksanakan dengan media power point yang dipadukan dengan beberapa video. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa data kualitatif yang diperoleh dari hasil pre test dan post test yang dikerjakan oleh siswa lalu dinilai, dianalisis, dan dibandingkan dengan nilai KKM. Hasil tersebut disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media power point dapat merangsang anak di dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta dapat memudahkan peserta didik untuk lebih dapat menyerap materi lebih maksimal. Penggunaan media power point dengan penyajian menggunakan gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari nilai rata-rata post test siklus I dan siklus II yang meningkat dari 74 menjadi 82,35 dengan peningkatan sebesar 8,35. Ber dasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru agar lebih memanfaatkan media power point guna menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.390625 second(s)