Anda belum login :: 24 Nov 2024 02:10 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penggunaan Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Katolik Ricci II Bintaro
Bibliografi
Author:
Stevanus, Ivan
(Advisor);
YULIYANTO, IGNASIUS
Topik:
Penggunaan Media Power Point
;
Hasil Belajar
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2012
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ignasius Yuliyanto's Undergraduate Theses.pdf
(608.95KB;
18 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-189
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Penggunaan Media power point adalah penggunaan media hasil teknologi yang berdasarkan komputer dengan menggunakan program aplikasi presentasi yang paling populer dan banyak digunakan saat ini. Dengan menggunakan Power Point dapat dirancang dan dibuat presentasi dengan mudah dan cepat. Power point disajikan dengan menggunakan gambar-gambar pahlawan dan dalam bentuk video perjuangan. aplikasi presentasi dari Power Point yang dipergunakan sebagai media dalam proses pembelajaran IPS. Media power point dapat dibuat dengan berbagai macam bentuk dan tampilannya dapat dibuat menarik. Di dalam Media power point terdapat berbagai sarana seperti animasi, suara bahkan video ( movie). Hasil belajar IPS adalah kemampuan perolehan peserta didik dari hasil proses belajar IPS. Penggunaan media power point adalah menggunakan aplikasi presentase dari Microsoft Power Point sebagai media dalam prose pembelajaran IPS dengan tujuan untuk meningkatkan ketertarikan siswa terhadap pelajaran IPS sehingga kemampuan perolehan peserta didik sebagai hasil perolehan belajar IPS akan meningkat. Subjek penelitian adalah siswa kelas VC SD K Ricci II Bintaro tahun ajaran 2011-2012. Yang terdiri dari 32 anak. Peneliti menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang biasa disebut Classroom Action Research, dengan tujuan untuk meningkatkan praktik pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dan diawali pra silklus. Siklus I peneliti menggunakan power point dengan menekankan pada tokoh-tokoh perjuangan , pada siklus II peneliti menekankan pada kegigihan atau keteladanan pejuang sebagai ujud menghargai jasa-jasa pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonersia. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan media Power Point dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil pre test, siklus I dan siklus II. Hasil rata-rata yang mencapai KKM dari 91 % dan meningkat menjadi 100%. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPS dikemukakan beberapa saran. Untuk Yayasan, kepala sekolah, Rekan sejawat, dan peneliti yang keseluruhan dapat memperhatikan pentingnya media pembelajaran khususnya power point. Agar dapat di kembangkan secara optimal dengan dukungan kepala sekolah dan yayasan selaku penyelenggara sekolah.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)