Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:56 WIB
Detail
BukuImplementasi Penilaian Portofolio pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Menyimak pada Siswa Kelas V C SD Ricci 2 Bintaro
Bibliografi
Author: Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani (Advisor); ISTIYANTI, VALERIA TRI
Topik: penilaian portofolio; keterampilan berbicara dan menyimak
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2012    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Valeria Tri Istiyanti's Undergraduate Theses.pdf (367.51KB; 17 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-188
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Penilaian portofolio merupakan penilaian berbasis kelas terhadap sekumpulan karya peserta didik yang tersusun secara sistematis dan terorganisasi yang diambil selama proses pembelajaran dalam kurun waktu tertentu, digunakan oleh guru dan peserta didik untuk memantau perkembangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik dalam mata pelajaran tertentu. Keterampilan berbicara adalah kemampuan menyusun kalimat-kalimat karena komunikasi terjadi melalui kalimat-kalimat untuk menampilkan perbedaan tingkah laku yang bervariasi dari masyarakat yang berbeda. Kemampuan untuk menyusun kalimat ini membutuhkan kemampuan menguasai kosa kata yang pernah dikuasai oleh seseorang melalui membaca ataupun mendengarkan. Menyimak adalah mendengarkan penuh pemahaman dan perhatian serta apresisasi. Menyimak merupakan sarana untuk menerima informasi dalam kegiatan komunikasi. Menyimak erat kaitannya dengan komunikasi lisan dengan tujuan memperoleh informasi, menangkap isi pesan, dan memahami makna komunikasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kelas (PTK). Subjek peneliti dalam penelitian ini adalah peneliti, guru kelas V C selaku observer, dan siswa-siswa kelas V C SD Ricci 2 Bintaro Pondok Karya Tangerang Selatan, dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus pertama mengetahui keterampilan siswa dalam berbicara dan menyimak (implementasi penilaian portofolio) dengan berbicara dan menceritakan kembali isi cerita yang telah disimaknya dengan menggunakan bahasa sendiri. Pada siklus kedua merupakan penguatan pada siklus pertama, peneliti mefokuskan pada langkah pelaksanaan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan menyimak menjadi lebih baik lagi. Berdasarkan hasil analisis pada penilaian di siklus pertama dan kedua, terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas pada keterampilan berbicara dari 77,80 menjadi 79,06 dan rata-rata kelas pada keterampilan menyimak dari 77,86 menjadi 86,40. Maka dengan demikian, dapat disimpulkan implementasi penialaian portofolio dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan menyimak menjadi lebih baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada guru agar dapat mengimplementasikan penilaian portofolio untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan menyimak.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)