Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:19 WIB
Detail
BukuImplementasi Penilaian Portofolio Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas VA SD Bintang Kejora Ciputat
Bibliografi
Author: Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani (Advisor); PRATIWI, ANGELA
Topik: Penilaian Portofolio dan Keterampilan Menulis
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2012    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Angela Pratiwi's Undergraduate Theses.pdf (1.84MB; 9 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-186
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pelajaran Bahasa Indonesia di tingkat pendidikan sekolah dasar sangatlah penting. Oleh karena itu, proses pembelajaran Bahasa Indonesia ini dilaksanakan menggunakan penilaian yang tepat. Salah satu penilaian yang tepat untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia ini menggunakan penilaian portofolio. Penilaian portofolio merupakan penilaian berkelanjutan dari pertemuan sebelumnya berdasarkan kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangan kemampuan peserta didik dalam satu periode tertentu. Penilaian portofolio merupakan satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dengan cara melakukan umpan balik dan evaluasi terhadap dirinya sendiri. Menulis ialah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang-orang lain dapat membaca dan memahami apa yang dituliskan oleh orang tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil dari kedua siklus bahwa tingkat kemampuan siswa di dalam menulis karangan meningkat. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil antara siklus pertama dan siklus kedua sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VA SD Bintang Kejora Ciputat. Subjek penelitian adalah peneliti, guru kelas VA, dan 31 orang peserta didik di dalam kelas VA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang terdiri dari dua siklus. Siklus pertama dibagi dalam dua kali pertemuan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa dengan menerapkan sistem penilaian portofolio. Siklus kedua dibagi dalam dua kali pertemuan dengan tujuan membandingkan hasil mengarang siswa apakah ada peningkatan atau tidak dari siklus yang pertama. Hal ini dilakukan berdasarkan pertimbangan bahwa untuk meningkatkan keterampilan menulis, siswa harus mempunyai rasa percaya diri dan suatu kreatifitas untuk mengembangkan ide-ide mereka di dalam sebuah karangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan penerapan penilaian portofolio, akan meningkatkan keterampilan menulis karangan pada anak. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan skor rata-rata yang dicapai oleh anak. Walaupun kecil peningkatannya tetapi ini membuktikan bahwa menggunakan penilaian portofolio dapat meningkatkan keterampilan menulis. Selain itu, hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ) yang diterapkan dalam mata pelajaran tersebut terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 72,58 menjadi 80,87. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi guru dan mahasiswa PGSD UNIKA Atma Jaya yang akan melakukan praktek mengajar dapat menerapkan sistem penilaian portofolio mengingat hal ini masih jarang dilakukan untuk melakukan suatu penilaian terhadap anak. Selain itu penilaian ini dilakukan agar hasil menulis karangan siswa lebih meningkat dan mendapatkan pengalaman bermakna dalam setiap proses pembelajaran, dan agar hasil yang didapatkan lebih optimal.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)