Anda belum login :: 17 Feb 2025 11:33 WIB
Detail
BukuPenggunaan Media Pembelajaran Diagram Pada Topik Pembagian Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V D SD RICCI 1 – Jakarta
Bibliografi
Author: CLARA IKA SARI BUDHAYANTI (Advisor); MARGIWIARSIH, WURY
Topik: media pembelajaran diagram; pembagian pecahan; hasil belajar matematika
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2012    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Wury Margiwiasih's Undergraduated Theses.pdf (2.64MB; 38 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-185
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Media pembelajaran diagram adalah bahan, alat atau teknik yang digunakan untuk menerangkan sesuatu dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat dan berdaya guna. Penggunaan media pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran serta membangkitkan motivasi dan minat siswa dalam pelajaran matematika. Salah satu penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran matematika adalah dengan menggunakan media diagram pada topik pembagian pecahan. Penggunaan media diagram dapat membantu siswa dalam memahami konsep pembagian pecahan. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku pada diri siswa, yang dapat diamati dan diukur dalam perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran diagram dan dampak dari penggunaan media pembelajaran diagram pada topik pembagian pecahan pada kelas VD SD Ricci 1 – Jakarta yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 31 orang terdiri dari 18 anak laki-laki dan 13 anak perempuan, satu orang guru sebagai peneliti dan dibantu oleh seorang observer. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa data kualitatif yang diperoleh dari hasil tes meliputi pre test, post test dan lembar kerja siswa (LKS) yang dinilai, dianalisis dan dibandingkan dengan nilai KKM. Hasil tes tersebut disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Penelitian dibagi menjadi dua siklus tindakan. Siklus pertama terdiri dari dua pertemuan dan siklus kedua terdiri dari tiga pertemuan. Pada siklus pertama materi yang dibahas tentang pembagian pecahan biasa sedangkan siklus kedua materi yang dibahas tentang pembagian pecahan campuran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran diagram dapat meningkatkan hasil belajar siswa terlihat dari hasil rata-rata pretest yang 54,83% meningkat menjadi 93,55% pada post test pada pada siklus tindakan kedua. Dalam penelitian ini peneliti juga lembar penilaian observasi yang berisikan tentang keefektifan dan manfaat media pembelajaran dalam proses belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru agar lebih memanfaatkan dan menggunakan media pembelajaran secara lebih efektif guna merangsang minat dan daya tarik siswa dalam pembelajaran di kelas.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.390625 second(s)