Media power point merupakan sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh microsoft, didalam paket aplikasi kantoran yaitu, microsoft office, selain microsoft word, excel, acces dan beberapa program lainnya. Aplikasi ini sangat banyak digunakan oleh kalangan kantoran, para pendidik, siswa dan para pebisnis yang digunakan sebagai presentasi dalam sebuah laporan kegiatan atau penjelasan suatu kegiatan. Aplikasi power point sering digunakan karena mempermudah seseorang untuk mempresentasi. Hasil belajar merupakan suatu perubahan tingkah laku yang terjadi pada individu belajar, bukan hanya perubahan mengenai pengetahuan, tetapi juga untuk membentuk kecakapan, kebiasaan, pengertian, penguasaan, dan penghargaan dalam diri seseorang yang belajar. Pembelajaran IPS dalam penelitian ini merupakan suatu pembelajaran yang mempelajari berbagai konsep dari pengalaman pribadi, teman-teman sebaya dalam kehidupan nyata di lingkungan masyarakat atau lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIA SDK Sang Timur Tomang. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIIA SDK Sang Timur Tomang yang berjumlah 36 siswa, serta peneliti dan guru kelas sebagai observer. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran, setiap siklus dilakukan satu kali pertemuan. Pada siklus I materi yang diajarkan masa sebelum mengenal uang, media power point menampilkan slide teks cerita, dan siswa bermain peran berdasarkan alur cerita pada slide power point. Pada materi masa sesudah mengenal uang, media power point menampilkan slide gambar uang, dan siswa diminta untuk menggambar uang serta menentukan nilai uang dari nominal terkecil sampai nominal terbesar. Pada materi jenis-jenis uang, media power point menampilkan slide gambar uang kartal dan uang giral, dan siswa diminta untuk menggolongkan antara uang kartal dan uang giral. Pada siklus II materi yang diajarkan manfaat uang dan manfaat waktu media power point menampilkan slide video, dan siswa diminta untuk mengamati video. Hasil nilai rata-rata tes awal (pre test) siklus I 49,48 dan pada siklus II 46,28. Hasil nilai rata-rata tes akhir (post test) siklus I 73,79 dan pada siklus II 77,35 hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa di lihat dari hasil nilai rata-rata tes akhir (post test) siklus I dan siklus II, serta materi pelajaran pada siklus I dan siklus II ada perbedaan dari segi tingkat kesulitan materi yang di lihat dari hasil nilai rata-rata tes awal (pre test) siklus I dan siklus II. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIA SDK Sang Timur Tomang. Untuk itu disarankan bagi para guru agar menciptakan pembelajaran bermakna dan menyenangkan dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam setiap pembelajaran terutama pada pembelajaran IPS. |