Dalam dunia telekomunikasi saat ini telepon genggam atau biasa disebut ponsel memiliki berbagai jenis model, fitur dan kecanggihan yang menjadi kepribadian atau ciri khas ponsel tersebut untuk menimbulkan minat beli konsumen. Penelitian ini membahas tentang bagaimana kepribadian merek dilihat dari bentuk, warna, dan packaging, dan kepercayaan merek yang dilihat dari karakter merek BlackBerry yang sudah dipercaya, serta komitmen merek dilihat dari kualitas ponsel BlackBerry yang terpercaya dapat mempengaruhi minat beli seseorang terhadap ponsel BlackBerry. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Structural Equation Model (SEM). Variabel pada penelitian terdiri dari kepribadian merek, kepercayaan merek, komitmen merek dan minat beli, serta responden penelitian ini terdiri dari 350 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi ( jurusan Akuntansi dan Manajemen) dalam matakuliah Statistika Ekonomi yang menggunakan ponsel BlackBerry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian merek, kepercayaan merek, dan komitmen merek secara positif dan signifikan mempengaruhi minat beli ponsel BlackBerry. Beberapa saran diberikan berdasarkan hasil temuan |