Pada era globalisasi saat ini, persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat. Untuk dapat berhasil dalam persaingan, suatu organisasi bisnis tersebut harus mampu mencuri perhatian konsumen. Salah satunya adalah dengan memberikan produk yang berkualitas, baik itu berupa barang dan jasa. Dalam pasar internasional, pesaing suatu organisasi sangatlah banyak. Oleh karena itu, para pengusaha harus dapat melihat peluang yang ada. Begitu juga di pasar ekspor, tidak sedikit perusahaan- perusahaan Indonesia yang pada saat ini mampu melakukan kegiatan ekspor, salah satunya adalah PT. Indobrick Sejahtera yang bergerak di bidang refractory dengan tujuan ekspor Taiwan. Dalam penerapan strategi bersaing pada perusahaan dipengaruhi oleh dua lingkungan yakni lingkungan ekternal dan internal. Pada lingkungan eksternal dapat dilihat dari lingkungan jauh/umum, lingkungan industri, dan lingkungan operasional. Sedangkan lingkungan internal perusahaan dapat dilihat dari rantai nilai (value chain) yang terdiri atas aktivitas primer dan aktivitas sekunder. Lingkungan eksternal dan internal akan mempengaruhi strategi bersaing yang akan digunakan perusahaan untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain. Dari hasil analisis terhadap kedua lingkungan tersebut dapat diketahui strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk bersaing di pasar Taiwan. Persaingan yang semakin ketat mengharuskan PT. Indobrick Sejahtera memiliki strategi bersaing yang tepat agar tetap dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan refractory lain yang mengekspor ke Taiwan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi bersaing yang sudah dilakukan oleh PT. Indobrick Sejahtera. Metode yang dilakukan dalam penelitian adalah dengan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara riset kepustakaan dan penelitian lapangan ke PT. Indobrick Sejahtera. Data primer didapatkan melalui wawancara langsung dengan pihak-pihak terkait, sedangkan data sekunder merupakan data tertulis seperti angka penjualan dan dokumen ekspor yang didapatkan secara langsung dari PT. Indobrick Sejahtera. Melalui hasil wawancara, penulis mengidentifikasi bahwa strategi bersaing yang digunakan adalah fokus dimana perusahaan berusaha menciptakan produk yang sesuai dengan kualitas yang dijanjikan kepada konsumen dan pengiriman waktu yang tepat. |