Kebutuhan akan pengiriman atau paket ke suatu tempat merupakan kebutuhan yang ditemukan di tengah-tengah kesibukan masyarakat. Jasa pengiriman barang merupakan aktivitas dari suatu badan usaha yang membantu dan memudahkan masyarakat dalam melakukan pengiriman barang atau paket, baik dalam kota, luar kota, maupun luar negeri. Penelitian ini mengukur bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen pada PT. Citosarana Jasapratama Jakarta. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 150 perusahaan yang merupakan para pelanggan atau konsumen yaitu perusahaan-perusahaan yang masih menggunakan jasa pengiriman barang, dokumen, dan paket PT Citosarana Jasapratama (exsisting consumer). Dalam pengumpulan data, disebarkan 60 kuesioner dengan metode random sampling. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan cara menitipkan kuesioner kepada para kurir PT. Citosarana Jasapratama yang nantinya kuesioner tersebut akan diisi oleh pelanggan PT. Citosarana Jasapratama. Data dikumpulkan dari tanggal 8 Januari 2012 sampai dengan 1 Februari 2012. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan konsumen dari PT. Citosarana Jasapratama Jakarta adalah baik. Tingkat kualitas pelayanan dan kepuasan berpengaruh pada tingkat loyalitas konsumen |