Praktik magang dilakukan oleh penulis pada PT Bank Panin Tbk, yang beralamatkan di Training Centre PaninBank Plaza Lantai 3, Jl. Palmerah Utara No.52, Kemanggisan, Jakarta 11480. Praktik magang dilakukan terhitung mulai tanggal 15 September 2011 sampai dengan 14 November 2011. Penulis ditempatkan di Biro Pengembangan dan Pelatihan (BPE) SDM pada bagian pengembangan sumber daya manusia (Talent Resources) yang bertujuan untuk mengamati secara langsung proses perekrutan dan penyeleksian karyawan Panin Profesional Program di PT Bank Panin Tbk. PaninBank bergerak dalam jasa perbankan yang berdiri sejak tanggal 17 Agustus 1971 dan sudah memiliki lebih dari 400 kantor cabang yang tersebar di 30 provinsi dan 22.500 unit ATM. Selain itu di dalam PaninBank terdapat program Panin Profesional Program dengan proses perekrutan dan penyeleksian yang cukup ketat karena program ini hanya diperuntukkan untuk orang-orang terpilih saja. Di samping proses perekrutan dan penyeleksian yang cukup ketat, program ini juga memberikan masa pendidikan yang intensif selama beberapa bulan dengan metode pengajaran dalam kelas, On The Job Training (OJT) maupun On Service Training (OST) dengan tujuan agar para peserta semakin mengenal dan memahami tentang perbankan, karena setiap peserta Panin Profesional Program ini dipersiapkan untuk menjadi next leader. Oleh karena itu, proses perekrutan dan penyeleksian yang harus dijalani oleh setiap peserta cukup ketat. |