Perkembangan teknologi yang semakin pesat dewasa ini menimbulkan persaingan bisnis yang ketat, khususnya dalam bidang teknologi komunikasi. Banyak perusahaan yang berusaha memberikan nilai dalam produknya untuk menciptakan kepuasan pelanggan. Ketika kepuasan pelanggan tercipta tentunya hal itu akan memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan. Untuk itu, penting dalam mempertimbangkan nilai yang dirasakan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dimensi nilai yang dirasakan dalam produk BlackBerry terhadap kepuasan pelanggan dan seberapa besar pengaruhnya pada kalangan mahasiswa FIABIKOM Unika Atma Jaya Jakarta. Sebanyak 89 kuesioner dibagikan pada tanggal 25 – 28 Juli 2011 di Laboratorium FIABIKOM yang digunkan sebagai acuan daftar sampling frame dalam penelitian ini. Dari data 89 pengguna BlackBerry didapatkan sebanyak 75 responden yang dijadikan sebagai sampel. Penarikan sampel menggunakan metode simple random sampling, yaitu mengambil secara acak melalui program SPSS 16.0 for Windows, kemudian dianalisis dengan analisis korelasi dan analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh dimensi-dimensi nilai yang dirasakan (perceived value) terhadap kepuasan pelanggan sebesar 66.6%. Nilai yang dominan berpengaruh adalah nilai kualitas, sedangkan nilai sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan namun memiliki hubungan dengan kepuasan pelanggan. Nilai kualitas yang dominan dalam menciptakan kepuasan pelanggan adalah dalam bentuk fitur yang disediakan dan fungsi yang melengkapi sehingga dengan adanya kelebihan-kelebihan tersebut dapat menutupi beberapa kelemahan yang ada dalam suatu produk yang dalam penelitian ini adalah Blackberry. |