Sinergi antara Public Relations yang berorientasi pemasaran untuk secara langsung mendukung promosi dan citra perusahaan, disebut juga sebagai Marketing Public Relations. Secara langsung, Marketing Public Relations berpengaruh terhadap citra perusahaan, dan citra perusahaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Untuk itulah The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place memerlukan Public Relations dalam menjalankan strategi perusahaan, yakni mewujudkan tujuan perusahaan, yakni menjaga citra baik dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektivitas strategi dan implementasi yang dilakukan oleh Marketing Public Relations The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place dalam meningkatkan kepercayaan konsumennya. Menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data primer, yakni wawancara mendalam (indepth interview) dengan narasumber Public Relations Manager, Senior Manager on Duty, dan beberapa tamu hotel yang pernah menginap dan berkunjung di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place. Pengumpulan data dalam penelitian ini juga dilakukan dengan teknik pengumpulan data sekunder, yakni melalui dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan strategi Marketing Public Relations yang digunakan The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place adalah dengan strategi komunikasi internal yakni melalui announcement board, CTQ, MYSTIQUE, The Gate, dan Innovation Master Box. Sedangkan melalui strategi eksternal, dilakukan communications mix dan pelaksanaan Corporate Social Responsibility- Community Foot Sprints melalui 3 pilar kegiatan utama, seperti Hunger Poverty Relief, Well Being of Children, dan Environmental Conservation, yang semua itu dilakukan demi menjaga keharmonisasian dengan alam sekitar, sesama, juga tentunya nama baik hotel The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place. |