Dalam perkembangan informasi dan komunikasi dewasa ini, persaingan perusahaan operator telepon seluler semakin ketat dalam memberikan kepuasan bagi konsumen. Tujuan penelitian ini adalah mengukur kepuasan konsumen terhadap produk kartu prabayar XL dengan membandingkan nilai ekspektasi konsumen dengan nilai aktual kepuasan konsumen. Penulisan skripsi ini menggunakan data primer dari hasil wawancara dan kuesioner, dan data sekunder dari buku, internet dan artikel referensi. Pengambilan sampel dilakukan di area kampus Unika Atma Jaya yang beriangsung pada tanggai 24 Mei 2010 - 4 Juni 2010. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah judgemental sampling, dengan jumiah sampel 100 responden konsumen XL. Analisa terhadap kuesioner menggunakan analisis deskriptif (karakteristik responden), metode Overall Mean Score dan uji Wilcoxon. Variabel-variabel yang digunakan antara lain luas jaringan, kekuatan sinyal, variasi nominal isi ulang, variasi paket layanan, kelancaran berkomunikasi, fasilitas dan layanan, daya tahan simcard, customer service, kemudahan memperoleh produk, kegiatan promosi, serta kesesuaian tarif dan kualitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen produk XL sudah merasa puas. Namun pada beberapa atribut kualitas konsumen tidak merasa sangat puas, yaitu pada atribut daya tahan simcard, customer service, dan kemudahan memperoleh produk, yang disarankan bagi perusahaan untuk menjadi target peningkatkan kualitas serta mempertahankan kualitas lain yang dinilai telah baik saat ini. |