Tujuan penelitian ini adalah untuk menghitung harga pokok produk CV Nita Mitra Abadi dengan menggunakan Time-Driven Activity Based Costing (TDABC). TDABC merupakan metode perhitungan harga pokok produk berbasis aktivitas yang dikendalikan oleh waktu sehingga harga pokok yang dihasilkan menjadi lebih akurat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus di CV Nita Mitra Abadi dengan menggunakan data biaya tahun 2010. Berdasarkan data tersebut penulis melakukan perhitungan harga pokok produk dengan metode biaya tradisional dan TDABC. Perhitungan dengan metode biaya tradisional menghasilkan harga pokok spanduk Rp137.980/unit, banner indoor Rp108.370/unit, banner outdoor Rp78.370/unit, kartu nama Rp22.493/unit, stiker Rp11.091/unit, brosur Rp9.511/unit, dan poster Rp6.411/unit. Sedangkan dengan TDABC harga pokok produk untuk spanduk sebesar Rp123.656/unit, banner indoor Rp101.696/unit, banner outdoor Rp71.696/unit, kartu nama Rp17.937/unit, stiker Rp8.004/unit, brosur Rp5.004/unit, dan poster Rp4.837/unit. |