Skripsi ini membahas tentang analisis Economic Value Added dan rasio profitabilitas dalam menilai kinerja keuangan PT Unilever periode tahun 2006 sampai dengan tahun 2010. PT Unilever adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industry kosmetik dan barang keperluan rumah tangga serta ice cream, dimana PT Unilever Tbk merupakan pemimpin pasar di industri Consumer Goods di Indonesia. Hasil analisis data dilihat dari perhitungan EVA, pada tahun 2006 sampai dengan tahun 2010 memperlihatkan manajemen perusahaan mampu menciptakan nilai EVA yang positif. Hal ini menunjukkan kinerja keuangan perusahaan yang baik sehingga dapat menciptakan nilai tambah ekonomis bagi perusahaan dan pemegang sahamnya. Berdasarkan hasil analisis pada rasio profitabilitas, khususnya Net Profit Margin (NPM), Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE), perusahaan memiliki kinerja yang baik sehingga mampu menghasilkan tingkat pengembalian yang cukup bagi pemegang saham selama periode waktu yang diteliti. Dengan demikian maka terdapat kesesuaian antara analisis metode Economic Value Added dengan rasio profitabilitas pada tahun 2006 sampai dengan tahun 2010, yaitu nilai yang dihasilkan positif. |