Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:39 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penerapan Mind Map Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IVC SD Strada Nawar Bekasi
Bibliografi
Author:
PAWESTRI, GENDIS WORO
;
Stevanus, Ivan
(Advisor)
Topik:
Mind Map
;
Hasil Belajar
;
Siswa Kelas IV SD
;
Pelajaran IPS
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2012
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Gendis Woro Pawestri's Undergraduate Theses.pdf
(2.63MB;
31 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-183
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Mind map adalah suatu teknis grafis yang memungkinkan kita untuk mengeksplorasi seluruh kemampuan otaknya untuk keperluan berfikir dan belajar. Penerapan mind map dalam belajar khususnya untuk materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sangat tepat sehingga menjadi salah satu cara meningkatkan hasil belajar. Penilaian hasil belajar adalah proses pemberian nilai terhadap hasil-hasil belajar yang dicapai siswa dengan kriteria tertentu. Kriteria dalam memberi penilaian terkait dengan setiap indikator yang ingin dicapai. Dalam penerapan mind map ini diharapkan peserta didik mampu mengembangkan kreativitasnya. IPS merupakan mata pelajaran yang mempelajari hubungan antara individu dan masyarakat dengan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IVC SD Strada Nawar Bekasi. Subjek penelitian adalah peneliti, guru kelas IVC dan 44 orang peserta didik kelas IVC. Jenis penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus I memperkenalkan mind map dengan membagikan contoh-contoh mind map dan saat proses pembelajaran peneliti bersama-sama peserta didik membuat mind map di papan tulis. Disiklus II, peneliti menggunakan mind map saat menjelaskan materi kemudian peserta didik secara berkelompok membuat mind map dengan topik yang sama. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil peneliti : 1. Penerapan mind map pada pelajaran IPS di kelas IVC SD Strada Nawar dapat meningkatkan hasil belajar IPS.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)