Media pengalaman langsung adalah media atau alat di sekitar kita yang melibatkan siswa secara langsung dalam membantu kemudahan pembelajaran. Anak yang mengalami kesulitan dalam belajar IPA akan terbantu dalam pembelajarannya. Pembelajaran IPA adalah pembelajaran yang dilaksanakan untuk menumbuhkan kemampuan berpikir yang menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan media pengalaman langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pengalaman langsung dalam pembelajaran IPA materi perkembangbiakan tumbuhan pada siswa kelas VI SD Tarakanita 5 Jakarta. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Siklus pertama memanfaatkan VCD dan menanam biji-bijian untuk perkembangbiakan generatif; siklus dua menanam jahe, bawang merah, bawang putih untuk vegetatif alami; menanam batang singkong untuk stek batang; dan siklus tiga menggunakan dahan mangga, jambu. dan belimbing di halaman sekolah untuk mencangkok. Pembelajaran menggunakan media pengalaman langsung akan berhasil jika pemilihan media tepat, dapat mengembangkan sikap ingin tahu, siswa senang dan antusias dalam belajar, dan dapat digunakan untuk memanfaatkan peluang untuk mengembangkan diri. Melalui pembelajaran menggunakan pemanfaatan media pengalaman langsung pembelajaran IPA mated perkembangbiakan tumbuhan maka siswa dapat belajar dengan lebih baik, hal ini ditunjukkan dari hasil rata-rata pre tes 70,5 dan rata-rata pos tes 75,5. Bagi guru semoga penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana pengembangan guru dalam mengembangkan media pengalaman langsung, sehingga guru dapat lebih kreatif menciptakan pembelajaran yang bervariasi dan kreatif. |