Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap kinerja manajerial perusahaan, dalam hal ini menggunakan 4 variabel TQM: fokus pada pelanggan, kerjasama tim, perbaikan sistem secara berkesinambungan, keterlibatan dan pemberdayaan karyawan. Penelitian ini dilakukan di PT Indopipe Jakarta dan Surabaya dengan assosiatif kausal sebagai jenis penelitian. Teknik yang digunakan dalam metode pengambilan sampel adalah Sample Random Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 36 karyawan yang berada di level manajerial di perusahaan/ model analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Kualitas data diuji dengan menggunakan validitas dan reliabilitas, tes asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji simultan (F-test), uji parsial (t-test), dan disesuaikan R square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TQM mempengaruhi kinerja manajerial secara simultan, sedangkan secara parsial TQM juga mempengaruhi kinerja manajerial, dimana urutannya dimulai dari yang paling berpengaruh adalah kerjasama tim, perbaikan system secara berkesinambungan, fokus pelanggan dan yang terakhir adalah variable keterlibatan dan pemberdayaan karyawan. |