Di dalam dunia perbankan yang semakin kompetitif sekarang ini, hubungan yang harmonis dengan nasabah serta adanya upaya peningkatan kepuasan nasabah sangat diperlukan untuk dapat membuat bisnis perusahaan berjalan dengan maksimal. Salah satu upaya yang perlu ditingkatkan lagi adalah dengan meningkatkan kembali fungsi customer service dari PT Bank Bukopin, Tbk. Oleh sebab itu, diperlukan suatu pembahasan yang cukup mendalam untuk menilai apakah fungsi customer service dari PT Bank Bukopin, Tbk sudah menjalankan fungsinya dengan efektif dan efisien,sehingga tujuan awal dari PT Bank Bukopin, Tbk dapat tercapai yang dapat dinilai melalui audit manajemen. Penelitian yang dilakukan atas fungsi customer service ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana fungsi customer service PT Bank Bukopin, Tbk Kantor Pusat Operasi mampu memenuhi kepuasan para nasabahnya, serta untuk mengetahui apakah terdapat kelemahan-kelemahan dalam divisi customer service. Data-data penelitian ini diperoleh dengan melakukan kunjungan ke perusahaan, wawancara kepada manajer pelayanan kantor pusat, dan membagikan kuesioner kepada pihak karyawan customer service dan kepada para nasabah. Berdasarkan hasil analisis terhadap audit manajemen yang telah dilaksanakan, menunjukan bahwa fungsi customer service PT Bank Bukopin, Tbk telah mampu memenuhi kebutuhan nasabahnya. Namun, ada beberapa temuan negatif yang diperoleh. Oleh karena itu, penulis memberikan saran-saran perbaikan yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi fungsi customer service. |