Anda belum login :: 24 Nov 2024 06:50 WIB
Detail
BukuAnalisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Kepemilikan Manajerial, Dan Reputasi Auditor Terhadap Manajemen Laba: Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI
Bibliografi
Author: Djohan, Widjaja (Advisor); Pramono, Herry (Advisor); SONTANI, SAWITRI NINDYA
Topik: Laporan Keuangan; Kepemilikan Manajerial; Leverage; Kepemilikan Manajerial
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2012    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEA-4949
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Semakin berkembangnya jaman, membuat perusahaan harus lebih bersaing dalam pengungkapan laporan keuangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ukuran perusahaan, leverage, kepemilikan manajerial, dan reputasi auditor berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba. Pilihan metode akuntansi yang secara sengaja dipilih oleh manajemen untuk tujuan tertentu dikenal dengan nama manajemen laba. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur dengan berbagai jenis klasifikasi industrinya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2009-2010. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 88 perusahaan manufaktur yang diperoleh dengan cara simple random sampling dengan menggunakan SPSS Statistic 17.0 dengan jumlah observasi 176 dalam periode 2009-2010. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua variabel yang berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, yaitu leverage dan kepemilikan manajerial. Sedangkan, dua variabel yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba, yaitu ukuran perusahaan dan reputasi auditor. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa leverage dan kepemilikan manajerial merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi secara signifikan terhadap manajemen laba dalam sebuah perusahaan yang menyebabkan manajemen laba menjadi berkurang. Sedangkan ukuran perusahaan dan reputasi auditor bukan merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi secara signifikan terhadap motivasi manajer untuk melakuan
manajemen laba.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)