Perusahaan-perusahaan operator penyedia Blackberry Internet Service (BIS) mulai memfokuskan pada cara mempertahankan konsumen mereka dan membuat konsumen lain mau beralih pada merek mereka. Mengingat sifat jasa yang tidak berwujud, membangun sebuah merek jasa yang kuat dapat dilakukan sebagai cara dalam menghadapi hambatan dari serangan kompetitif. Oleh karena itu, penulis mencoba untuk meneliti brand image dan brand trust terhadap customer loyalty BIS bermerek XL. Penilaian indikator variabel menggunakan skala likert dalam bentuk kuesioner. Dengan menggunakan metode purposive sampling, sampel penelitian adalah sebanyak seratus tiga puluh responden, yang merupakan mahasiswa fakultas Ekonomi Univeritas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, dan juga merupakan pengguna BIS prabayar XL. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pre-test, analisis nilai rata-rata (overall mean score), analisis uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian berdasarkan Overall Mean Score (OMS) brand image, responden berpendapat netral, sedangkan berdasarkan OMS brand trust dan customer loyalty, responden berpendapat setuju. Berdasarkan analisis regresi linier berganda, didapatkan hasil bahwa brand image dan brand trust mempunyai pengaruh positif terhadap customer loyalty BIS prabayar XL. |