Munculnya kesadaran untuk menjaga kebugaran tubuh dan keinginan untuk memiliki tubuh yang proporsional merupakan dambaan banyak orang karena hal ini dapat dikatakan memiliki nilai tambah tersendiri bagi tiap individu, dan ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Namun, untuk dapat memiliki tubuh yang ideal dan proporsional bukanlah hal yang mudah karena dibutuhkan motivasi dan kerja keras. Melihat kebutuhan masyarakat akan kebugaran tubuh, keberadaan pusat kebugaran seperti sport club di area perumahan merupakan peluang yang baik bagi para pebisnis. Banyaknya pusat kebugaran ataupun fitness centre yang berkembang terutama di Jakarta membuat sebuah pusat kebugaran haruslah menjaga kepuasan anggota akan kualitas layanan serta fasilitas yang dimilikinya agar tidak berpindah ke pusat kebugaran lain. Untuk memperoleh data empiris disebarkan 170 kuestioner kepada anggota Taman Kedoya Sport Club. Data diolah dengan metode SEM menggunakan LISREL versi 8.70. Model penelitian yang diajukan telah memenuhi 4 indikator dari GOF. Ke-4 indikator yang terpenuhi adalah x²,p value, x2/df, RMSEA. Artinya model penelitian memiliki kriteria “Good Fit” terhadap data empiris dengan tingkat kecocokan yang dihasilkan dari model yang ditargetkan dalam penelitian. Dalam penelitian ini juga diperoleh hasil yang menunjukkan utilitarian value, hedonic value, security, motivasi utilitarian, motivasi hedonik, dan services berpengaruh signifikan terhadap kepuasan (satisfaction). Sedangkan utilitarian value, motivasi hedonik dan kepuasan (satisfaction) berpengaruh signifikan terhadap minat perpanjangan keanggotaan di Taman Kedoya Sport Club .Hal ini menunjukan kepuasan merupakan factor terpenting bagi anggota untuk melakukan perpanjangan kembali keanggotaannya. |