Fenomena tentang perluasan merek memang telah menjadi sesuatu yang tidak asing bagi para konsumen. Hal ini dapat dilihat dari adanya berbagai merek melakukan strategi ini untuk memasarkan produknya. Dengan melakukan brand extension perusahaan dapat menekan biaya untuk promosi dibandingkan dengan meluncurkan produk dengan merek yang baru dan resiko kegagalan produk pun bisa ditekan. Karena dengan merek sebelumnya sudah dikenal masyarakat maka kemungkinan konsumen untuk membeli produk tersebut lebih besar. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis tentang brand extension yang merupakan kegiatan untuk memperoleh informasi untuk menyusun strategi agar merek tersebut sukses dipasaran. Penelitian ini membahas pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi brand extension. Penelitian ini dilakukan terhadap Citra Body Wash. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner yang didistribusikan kepada 100 responden. Dari hasil penelitian yang diperoleh didapatkan kesimpulan bahwa variabel similarity, reputation, perceived risk, dan innovativeness berpengaruh signifikan terhadap brand extension. |