Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:07 WIB
Detail
BukuPeningkatan Keterampilan Menulis Cerita Menggunakan Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas II B SD Tarakanita 2 Jakarta
Bibliografi
Author: RUSMINI, MARGARETA ; Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani (Advisor)
Topik: keterampilan menulis cerita; media; gambar
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2012    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Margaretha Rusmini's Undergraduate Theses.pdf (212.25KB; 14 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-174
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Keterampilan menulis cerita adalah kecakapan yang dimiliki seseorang dalam mengungkapkan gagasan dalam bentuk tulisan untuk dibaca orang lain, sehingga gagasan yang disampaikan itu dapat diterima orang lain. Media gambar adalah alat atau sarana komunikasi yang berupa tiruan gambar kebun binatang dan tiruan gambar pasar yang dibuat dengan coretan pensil dan sebagainya pada kertas yang digunakan dalam proses pembelajaran menulis cerita. Dengan media gambar pembelajaran menjadi menyenangkan, yang memungkinkan siswa mengambil inisiatif dan selalu belajar. Peneliti menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran menulis cerita karena media gambar mempunyai kelebihan yaitu bersifat konkret, lebih realistis menunjukkan pokok masalah, serta sesuai dengan sifat anak pada usia sekolah dasar yaitu minat pada kehidupan yang praktis dan konkret sehari-hari, amat realistis, ingin tahu, dan ingin belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang biasa disebut classroom action research yang bertujuan meningkatkan keterampilan menulis cerita dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas II B SD Tarakanita 2 Jakarta. Penelitian ini dilakukandalam dua siklus, yaitu siklus Idan siklus II dengan subjek penelitian ini peneliti sendiri sekaligus sebagai guru, seorang observer, dan 33 siswa kelas II B SD Tarakanita 2 Jakarta. Sebelum dilaksanakan kegiatan siklus I terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan awal atau pra siklus untuk mengetahui sejauh mana keterampilan menulis ceritayang dimiliki siswa sebelum menggunakan media gambar. Siklus I menggunakan media gambar secara klasikal. Siklus II menggunakan media gambar secara individual.Data hasil tugas dianalisa dengan cara memberikan nilai dan data observasi dideskripsikan.Hasil keterampilan menulis cerita padaprasiklus rata-rata 6.34, siklus I rata-rata 7.38, dan siklus IIrata-rata 8.19. Berdasarkan hasil penelitian ini ternyata menggunakan media gambar sangat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita.Maka disarankan kepada guru SD, hendaknya dapat menggunakan media gambar sebagai salah satu alternatif dalam peningkatan keterampilan menulis cerita selama proses pembelajaran di kelas.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)