Mata pelajaran matematika diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif serta kemampuan bekerjasama. Penelitian ini menerapkan teori Dienes, yang terdiri dari (1) permainan dengan aturan, (2) permainan kesamaan sifat, (3) permainan representatif, (4) permainan formalisasi. Dalam matematika konsep adalah suatu ide abstrak yang memungkinkan seseorang mengelompokkan objek ke dalam contoh atau yang bukan contoh. Pemahaman konsep adalah mengerti benar terhadap konsep matematika. Sedangkan perkalian merupakan seluruh bilangan di dalam suku penjumlahan yang diulang-ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teori Dienes dalam pembelajaran matematika dengan materi perkalian untuk menigkatkan pemahaman konsep perkalian pada siswa kelas III SD St.Antonius Jakarta Timur. Subyek penelitian adalah guru sebagai peneliti dibantu oleh observer dan 30 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus (4 x pertemuan). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil observasi dianalisis secara deskriptif dan hasil belajar yang didapat dicari rata-ratanya dibandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), kemudian disajikan dalam tabel dan grafik. Berdasarkan analisis dan deskripsi data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Pembelajaran siklus I menerapkan permainan dengan aturan dan permainan mencari kesamaan sifat yaitu permainan dengan menggunakan jaringjaring perkalian dan bermain kartu Bingo (2) pembelajaran siklus II menerapkan permainan representatif dan permainan formaliasasi yaitu permainan dengan mencari kartu-kartu angka yang cocok dan permainan cepat-tepat perkalian. Siklus II bertujuan untuk memantapkan pemahaman konsep siswa terhadap perkalian. Siswa diberikan soal-soal postes. Dari hasil yang dicapai siswa, menunjukkan bahwa seluruh rangkaian tahap permainan Dienes dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep mengenai perkalian. Karena dengan menerapkan teori Dienes ini,siswa dapat menemukan pengalaman langsung mencari konsep-konsep tentang perkalian, sehingga membuat mereka paham mengenai konsep perkalian. |