Pembelajaran terdiri dari berbagai komponen yang saling mempengaruhi satu sama lain sebagai sebuah sistem. Komponen tersebut adalah input (raw input, instrumental input, environmental input), education process, dan output. Sekolah Bertaraf Internasional adalah sekolah/madrasah yang sudah memenuhi seluruh Standar Nasional Pendidikan dan diperkaya dengan mengacu pada standar pendidikan salah satu negara anggota Organization for Economic Co-operation and Development dan/atau negara maju lainnya yang mempunyai keunggulan tertentu dalam bidang pendidikan sehingga memiliki daya saing di forum internasional. Pembelajaran di SBI harus memenuhi standar proses pembelajaran yang ditetapkan pemerintah dan memenuhi beberapa indikator kunci kinerja tambahan sebagai SBI. Dengan asumsi pentingnya pelaksanaan pembelajaran di suatu sekolah terhadap mutu pendidikan Indonesia, serta adanya SBI sebagai salah satu wujud peningkatan mutu pendidikan, maka penelitian mengenai pembelajaran di SBI SDN Menteng 01 Jakarta Pusat ini dilaksanakan. Penelitian eksploratif ini bertujuan untuk mendeskripsikan komponenkomponen pembelajaran di Sekolah Bertaraf Internasional SDN Menteng 01 Jakarta Pusat. Objek dan subyek dalam penelitian ini adalah pembelajaran di SDN Menteng 01 yang melibatkan siswa, kepala sekolah, dan guru sebagai bagian darikomponen pembelajaran. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi serta dianalisis dengan cara reduksi dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN Menteng 01 Jakarta Pusat merupakan salah satu sekolah yang bertaraf internasional. Hal ini dapat dilihat dari pemenuhan seluruh Standar Nasional Pendidikan yang diperkaya dengan kerja sama SEAMEO, penggunaan Bahasa Inggris dan TIK dalam pembelajarannya, serta prestasi guru dan siswa yang sudah mencapai tingkat internasional. Dalam pembelajarannya, SDN Menteng 01 juga menggunakan tutor sebaya di beberapa mata pelajaran. Pelaporan hasil belajar siswa dibagi menjadi tiga jenis yaitu pelaporan bulanan, tengah semester dan semester, hal ini bertujuan agar orangtua siswa memiliki pedoman dalam memantau hasil belajar putraputrinya. Untuk melestarikan dan menumbuhkan rasa cinta pada budaya Indonesia, SDN Menteng 01 memasukkan seni tari daerah dalam mata pelajaran dan Gambang Kromong pada kegiatan ekstrakurikuler. Sekolah ini termasuk sekolah percontohan yang banyak diminati oleh orangtua siswa sebagai tempat pendidikan bagi putra-putrinya. Berdasrkan hasil penelitian ini disarankan agar SDN Menteng 01 Jakarta Pusat meningkatkan penggunaan Bahasa Inggris dalam lingkungan sekolah serta pengadopsian kurikulum negara maju lainnya untuk memperkaya kurikulum nasional yang telah digunakan saat ini. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan agar lebih dapat menggali temuan-temuan awal mengenai pembelajaran SBI agar diperoleh pemaparan yang lebih rinci mengenai SBI itu sendiri. |