Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:11 WIB
Detail
BukuKompetensi Guru Sekolah Dasar Bertaraf Internasional Pondok Indah Global School
Bibliografi
Author: PURWANTI, ELEN SIWI ; INGRIDWATI KURNIA (Advisor)
Topik: Kompetensi Guru SD; Sekolah Dasar Bertaraf Internasional
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2012    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Elen Siwi Purwanti's Undergraduate Theses.pdf (377.56KB; 37 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-167
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Kompetensi guru SD/MI berpedoman pada SKGK SD/MI (Standar Kompetensi Guru Kelas), yang terdiri dari kompetensi kemampuan mengenal peserta didik, kemampuan penguasaan bidang studi, kemampuan menyelenggarakan yang mendidik, dan kemampuan mengembangkan kemampuan profesional secara berkelanjutan. Kompetensi tersebut akan terwujud dalam bentuk penguasaan pengetahuan dan profesional dalam menjalankan fungsinya sebagai guru. Kompetensi guru tersebut berlaku di jenjang SD termasuk Sekolah Berstandar Internasional dimana Sekolah Berstandar Internasional merupakan sekolah dengan delapan standar nasional pendidikan ditambah dengan standar yang merupakan ciri khas dari sekolah tersebut. Kompetensi guru sekolah berstandar internasional memiliki komponen yang sama dengan kompetensi guru di sekolah lainnya, namun berciri khas dalam penggunaan bahasa inggris sebagai pengantar dan pembelajaran berbasis teknolgi informasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah mendekripsikan kompetensi Guru Sekolah Dasar Bertaraf Internasional Pondok Indah Global School. Subjek penelitian ini adalah 10 guru Sekolah Dasar Pondok Indah Global School. Penelitian ini dilakukan dengan mengobservasi beberapa sekolah dan kelas, mewawancara kepala sekolah dan guru, dan memberikan angket untuk mendapatkan data yang diperlukan,
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi guru Sekolah Dasar Pondok Indah Global School memiliki kompetensi baik dalam setiap rumpunnya,
v
seperti melakukan pendekatan personal, mengetahui latar belakang keluarga,merancang kegiatan pembelajaran yang kreatif, menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar secara fasih, menggunakan media berbasis teknologi informasi dalam pembelajaran, dan senantiasa menjalin hubungan baik dengan orangtua murid serta mengikuti kegiatan untuk mengembangkan kemampuan secara professional.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi guru bisa mencontoh hal yang baik dari guru Sekolah Dasar Pondok Indah School dan dapat dijadikan inspirasi dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik,, seperti berani berkreatifitas dan berinovasi dalam melakukan pembelajaran, bermulti bahasa agar dapat semakin erat membina hubungan dengan masyarakat internasional. Bagi sekolah yang ada di Indonesia, sekolah diharapkan dapat saling belajar satu sama lain tanpa menghilangkan identitas aslinya. Bagi FKIP yang menghasilkan pendidik yang baik, diharapkan memiliki dan meningkatkan program pembelajaran untuk menghasilkan guru yang semakin baik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)