Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:21 WIB
Detail
BukuPenerapan Teori Bruner Dalam Pembelajaran Matematika Materi Luas Bangun Datar Di Kelas IV SD Santo Andreas
Bibliografi
Author: KOBAN, YOHANA MARIA GELU ; CLARA IKA SARI BUDHAYANTI (Advisor)
Topik: Teori Bruner; pembelajaran; matematika; luas bangun datar; Siswa SD; Kelas IV
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2012    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Yohana Maria Gelu Koban's Undergraduate Theses.pdf (328.95KB; 67 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-165
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Teori Bruner adalah teori belajar matematika yang mengembangkan tahapan belajar matematika anak SD berdasarkan fase perkembangan intelektual anak SD menurut Jean Piagget. Pada teori Bruner, terdapat tiga tahapan belajar, yaitu tahap enaktif, tahap ikonik, dan tahap simbolik. Tahap enaktif adalah tahap yang dilakukan anak untuk menggunakan atau memanipulasi objek-objek secara langsung. Tahap ikonik adalah memanipulasi dengan memakai gambaran dari objek-objek. Tahap
simbolik adalah tahap yang mengajak anak untuk memanipulasi simbol-simbol secara langsung dan tidak lagi ada kaitannya dengan objek-objek. Pembelajaran adalah kegiatan guru dan siswa yang diatur secara terprogram yang bertujuan untuk
membuat siswa memiliki pengalaman baru dengan cara menggunakan media serta sumber belajar yang sesuai dengan karakter siswa. Matematika adalah ilmu mengenai konsep-konsep yang berhubungan dengan matematika yang dipelajari secara induktif.
Luas bangun datar adalah luas daerah suatu bangun datar yang dibatasi oleh garis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan teori Bruner dalam
pembelajaran matematika materi luas bangun datar di kelas IV SD Santo Andreas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian 31 orang yang terdiri dari peneliti, guru observer, dan 29 siswa. Penelitian terdiri dari dua siklus. Setiap siklus yang dilaksanakan terdiri dari dua pertemuan. Penerapan teori Bruner pada siklus pertama bertujuan untuk menerapkan tahap enaktif, tahap ikonik, dan tahap simbolik dalam memahami materi luas bangun datar, khususnya jajar genjang. Penerapan teori Bruner pada siklus kedua, bertujuan untuk menerapkan tahap enaktif, tahap ikonik, dan tahap simbolik dalam memahami materi luas bangun datar, khususnya segitiga. Setelah kedua siklus telah terlaksana, dilakukan tes yang digunakan untuk melihat hasil pembelajaran dengan penerapan
teori Bruner pada luas jajar genjang dan segitiga. Hasil rata-rata siklus I adalah 81,891, hasil rata-rata siklus II adalah 75,795, dan hasil rata-rata tes yang diperoleh adalah 80,482. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan bahwa teori Bruner dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika materi luas bangun datar khusunya jajar genjang dan segitiga.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)