Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:57 WIB
Detail
BukuPenggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Penggolongan Hewan Kelas III A SD STRADA Bhakti Nusa Serpong
Bibliografi
Author: KURNIASIH, RIA ; Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani (Advisor)
Topik: Media pembelajaran; hasil belajar IPA; Kelas III; Siswa SD
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2012    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Ria Kurniasih's Undergraduate Theses.pdf (361.31KB; 16 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-162
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Media Pembelajaran adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan dalam pembelajaran guna mencapai tujuan pengajaran. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah media benda nyata berupa burung dan ikan, permainan, media power point, serta video. Hasil Belajar IPA adalah hasil test yang diperoleh siswa dibandingkan dengan Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 67. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan materi penggolongan hewan pada kelas III A di SD Strada Bhakti Nusa. Subjek penelitian adalah peneliti sebagai guru, guru kelas sebagai observer dan siswa kelas III A yang berjumlah 41 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi, wawancara, dan lembar tanggapan, kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif dan tes dihitung rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi penggolongan hewan kelas III A di SD Strada Bhakti Nusa Serpong. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata siklus I dan siklus II. Rata-rata pretes siklus I sebesar 49,14 meningkat menjadi 74,87
pada postes, peningkatan ini sebesar 25,73. Pada siklus II nilai rata-rata pretes meningkat dari pretes siklus I, yaitu 63,78 menjadi 91,58 pada postes,
peningkatan pretes ke postes pada siklus II ini sebesar 27,8.
Dari rata-rata postes siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar siklus I dan II sebesar 16,71. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan guru dapat memanfaatkan media pembelajaran sebagai media alternatif dalam pembelajaran untuk menciptakan
suasana belajar yang menyenangkan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)