Perilaku agresif merupakan perasaan-perasaan marah atau permusuhan berupa tindakan melukai orang lain baik dengan tindakan kekerasan secara fisik, verbal, maupun menggunakan ekspresi wajah dan gerakan tubuh yang mengancam atau merendahkan. Tindakan agresi pada umumnya merupakan tindakan yang disengaja oleh pelaku untuk mencapai tujuan tertentu. Masa awal anak-anak (early childhood) ialah masa perkembangan yang terentang dari akhir masa bayi hingga usia kira-kira 5 atau 6 tahun, periode ini kadang-kadang disebut “tahun-tahun pra sekolah.” Sebagian besar orangtua menganggap masa anak-anak sebagai usia yang mengandung masalah atau usia sulit. Pada awal masa anak-anak awal pola prilaku yang tampak adalah pola sosial dan pola tidak sosial. Pola tidak sosial diantaranya adalah agresi . Perilaku agresif usia kanak-kanak awal pada anak dimungkinkan atau diperoeh dari berbagai faktor antara lain pola asuh keluarga, fakor modeling dapat diperoeh dari orang tua, teman, film ataupun guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui cara mengurangi perilaku agresif dua anak TK B Budi Mulia dengan pemberian ganjaran (reward). Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumenter dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian ganjaran dapat untuk mengurangi perilaku agresif di kelas. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi bagi kepala sekolah, guru, calon konselor dan orangtua anak, agar dapat memberikan pendampingan dan penanganan yang terbaik pada anak yang mempunyai perilaku agresif. |