Layanan konseling sebagai layanan pemberian bantuan yang terjadi antara konselor dan siswa didukung oleh beberapa faktor pendukung. Faktor-faktor pendukung layanan konseling adalah faktor-faktor yang mendukung berhasilnya layanan konseling. Ada dua faktor pendukung layanan konseling yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor pendukung eksternal terdiri atas lingkungan fisik, penataan dan bentuk ruang konseling, kerapian ruang konseling, serta sistem janji dengan konselor. Faktor pendukung internal terdiri atas motivasi konseli dalam melakukan layanan konseling, penampilan dan kepribadian konselor, dan kemampuan konselor sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat faktor-faktor pendukung layanan konseling siswa kelas XI dan XII di SMA Fransiskus I Jakarta Pusat. Subjek penelitian adalah siswa/i kelas XI dan XII SMA Fransiskus I Jakarta Pusat yang berjumlah 54 orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan untuk menggambarkan faktor-faktor pendukung layanan konseling. Teknik pengumpulan data menggunakan alat ukur skala penilaian. Hasil ujicoba instrumen dari 74 pernyataan didapatkan 32 pernyataan yang valid dengan reliabilitas sebesar 0,948 melalui proses penghitungan dengan menggunakan SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling didukung oleh beberapa faktor baik faktor eksternal maupun faktor internal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi beberapa pihak, antara lain kepala sekolah, konselor sekolah, dan para wali kelas untuk menjalin kerja sama yang baik dalam membantu siswa/i mengembangkan potensi yang mereka miliki. |