Anda belum login :: 22 Nov 2024 22:52 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Antara Penerimaan Diri Dan Penyesuaian Sosial Siswa Kelas VIII SMP Santo Andreas
Bibliografi
Author:
HYANG, SHANG
;
Lengkong, Felix Yoseph
(Advisor)
Topik:
Penerimaan Diri
;
Penyesuaian Sosial
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2012
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Shang Hyang's Undergraduate Theses.pdf
(3.82MB;
184 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIPK-447
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Penerimaan diri adalah kemampuan individu untuk mengelola dirinya sehingga mudah bergaul dengan orang lain, menerima dan mampu menjadi diri sendiri yang “real”, menentukan nasib sendiri, dan menjalin hubungan baik dengan realitas. Penyesuaian sosial merupakan kemampuan individu untuk menyesuaikan diri dengan orang lain dan kelompok sekitarnya yang tampak pada penampilannya yang sesuai dengan harapan kelompok, mampu menyesuaikan diri terhadap berbagai kelompok, memiliki sikap sosial yang menyenangkan, dan memiliki kepuasan pribadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penerimaan diri dan penyesuaian sosial siswa kelas VIII SMP Santo Andreas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian seluruh kelas VIII SMP Santo Andreas sebanyak 50 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan skala penilaian. Hasil ujicoba terpakai instrumen penerimaan diri menunjukan 43 pernyataan yang valid dari 80 pernyataan dengan reliabilitas 0,914 dan instrumen penyesuaian sosial memiliki 39 pernyataan yang valid dari 68 pernyataan dengan reliabilitas 0,929. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif antara penerimaan diri dan penyesuaian sosial yaitu sebesar 0,785 pada taraf signifikan 1%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara penerimaan diri dan penyesuaian sosial. Dengan demikian, penerimaan diri mempunyai peranan yang penting dalam mendorong individu untuk dapat melakukan penyesuaian sosial. v Saran dari penelitian ini, kepada konselor sekolah diharapkan membantu siswa untuk dapat menerima dirinya dan mengembangkan kemampuan penyesuaian sosialnya dengan memberikan program layanan konseling. Para guru diharapkan dapat mengelompokkan siswa dalam kelompok kecil dengan tujuan agar siswa dapat belajar memahami dan menyikapi tuntutan dari teman-teman kelompoknya serta menjalin hubungan yang baik dengan kelompoknya. Mahasiswa bimbingan dan konseling hendaknya membekali diri dalam membuat program layanan yang dapat mengembangkan aspek penerimaan diri dan penyesuaian sosial siswa ketika hendak melakukan Praktek Pengalaman Lapangan ataupun Konseling individu dan kelompok agar siswa dapat memaksimalkan potensi yang dimilikinya.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)