Komunikasi pemasaran menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan mengkomunikasikan pesan-pesan yang ditujukan kepada target konsumen. Penerapan komunikasi pemasaran di dalam perusahaan merupakan salah satu unsur terpenting dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha yang dijalani. Penulis mengambil studi kasus pada PT. Traktor Nusantara untuk melakukan penelitian mengenai penerapan strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk alat alat berat milik PT. Traktor Nusantara. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan dan gambaran mengenai penerapan strategi komunikasi pemasaran dan juga untuk dapat mengetahui bagaimana dampak dari strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan terhadap penjualan produk PT. Traktor Nusantara. Dengan menggunakan teori bauran komunikasi pemasaran. Metode penelitian yang penulis gunakan merupakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan studi kepustakaan, metode dokumentasi dan wawancara mendalam dengan empat orang marketing and sales manager departemen produk, pemilihan narasumber dilakukan berdasarkan teknik purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Analisis data hasil wawancara mendalam disajikan dalam bentuk narasi dan table. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Traktor Nusantara adalah dengan melaksanakan kiat-kiat bauran komunikasi pemasaran, diantaranya adalah periklanan, pemasaran langsung, penjualan personal dan promosi penjualan. Strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh PT. traktor nusantara memberikan dampak yang positif terhadap angka penjualan mereka, hal tersebut dilihat dari peningkatan angka penjualan produk pada tahun 2009 hingga 2011. |