Penjualan secara kredit telah menjadi suatu strategi bisnis bagi perusahaan untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainnya dalam mendapatkan pelanggan. Penjualan secara kredit selalu menimbulkan risiko berupa kredit macet. Oleh karena itu, pemeriksaan manajemen perlu dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi fungsi penjualan serta kehandalan pengendalian internal untuk mengantisipasi risiko tersebut. Penulis melakukan penelitian – audit manajemen- terhadap PT Philips Indonesia, yaitu sebuah produsen produk pencahayaan ternama di Indonesia yang memproduksi beragam jenis lampu. Pangsa pasar perusahaan mencapai 45 % untuk lampu-lampu retail dan modern. Pelaksanaan audit manajemen dilakukan dalam berbagai tahap yaitu usulan dan pengenalan, survei pendahuluan, penelaahan pendahuluan, pengujian rinci, mengembangkan dan menelaah temuan audit, dan pelaporan hasil pemeriksaan manajemen. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penulis berkesimpulan bahwa fungsi penjualan kredit PT Philips Indonesia sudah efektif, efisien, dan pengendalian intern yang ditetapkan dan dilaksanakan adalah andal dalam mengantisipasi risiko kredit macet. Penulis tidak menemukan kelemahan yang bersifat material dalam pengendalian intern PT Philips Indonesia dalam siklus penjualan kredit sehingga penulis tidak memiliki saran untuk diberikan berkaitan dengan hal tersebut. |