Anda belum login :: 17 Feb 2025 13:25 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Model Kepuasan Kerja Pada Karyawan Usaha Skala Kecil
Oleh:
Riyanti, B.P. Dwi
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Jurnal Psikologi vol. 21 no. 1 (Mar. 2008)
,
page 11-24.
Topik:
Work Satisfaction
;
Relation in Organization
;
Learning Organization
;
Innovation Organization
;
Small Business Scale
Fulltext:
(HERLI)211081124_0853-3598.pdf
(406.33KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
JJ78
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan kelompok usaha skala kecil. Faktor-faktor tersebuat adalah relasi dalam organisasi, organisasi pembelajaran, dan inovasi organisasi. Relasi dalam organisasi terdiri dari tiga indikator yaitu relasi dengan rekan kerja, relasi dengan tasan, dan karisma atasan (Scott, 1994). Organisasi pembelajaran terdiri dari lima indikator yaitu dinamika belajar, pembaruan organisasi, pemberdayaan individu, mengelola pengetahuan, dan penerapan teknologi (Marquart, 1996). Inovasi organisasi terdiri dari tujuh indikator yaitu strategi organisasi, struktur organisasi, sistem organisasi, style pimpinan organisasi, shared value organisiasi, skill karyawan organisasi, dan staff pimpinan organisasi, shared value organisasi, skill karyawan organisasi, dan staff organisasi. Sementara itu, kepuasan kerja karyawan dilihat dari dimensi faktor intrinsik pekerjaan, gaji, dan penyeliaan (Munandar, 1991). Data analisis melibatkan 460 karyawan yang bekerja di 161 usaha-usaha kecil yang berdomisili di Jakarta. Dari analisis struktural diperoleh hasil bahwa: (1) relasi dalam organisasi memberi dampak yang bermakna pada inovasi organisasi, (2) organisasi pembelajaran memberi dampak yang bermakna pada inovasi organisasi, (3) relasi dalam organisasi memberi dampak tidak langsung yang bermakna pada kepuasan kerja melalui inovasi organisasi, (4) organisasi pembelajaran memberi dampak tidak langsung yang bermakna pada kepuasan kerja melalui inovasi organisasi, dan (5) inovasi organisasi memberi dampak langsung dan bermakna pada kepuasan kerja karyawan,
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)