Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan komitmen industri untuk mempertanggung-jawabkan dampak operasi dalam dimensi sosial, ekonomi, dan lingkungan serta menjaga agar dampak tersebut menjadi manfaat kepada masyarakat dan lingkungannya. CSR tersebut tidak hanya diterapkan, tapi juga harus diungkapkan dalam annual report perusahaan yang diukur dengan menggunakan pedoman dari GRI Sustainability Reporting. Pengungkapan ini diharapkan dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan dalam jangka panjang. CSR menjadi sangat menarik untuk dibahas, karena penerapannya masih bersifat sukarela pada periode penelitian, yaitu tahun 2008-2010 dan hanya aspek-aspek tertentu yang lebih banyak diterapkan di Indonesia, seperti aspek ekonomi, lingkungan dan tenaga kerja(dilihat dari GRI Score). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator pengungkapan CSR( kinerja lingkungan) memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap rasio profitabilitas, sedangkan variabel CSR(keseluruhan indikator) memiliki pengaruh yang dominan terhadap NPM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel indikator pengungkapan CSR & CSR mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. |