Anda belum login :: 23 Nov 2024 12:35 WIB
Detail
BukuAnalisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Intervening Variable pada Comic Cafe Tebet, Jakarta
Bibliografi
Author: HANDAYANI, TYAS HAYU WURI ; Wibowo, Rusminto (Advisor)
Topik: Experiential Marketing; Kepuasan Pelanggan; Loyalitas Pelanggan dan Cafe
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Tyas Hayu Wuri Handayani's Undergraduate Theses.pdf (2.25MB; 135 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1697
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Ramainya aktivitas di Jakarta yang merupakan kota metropolitan, pusat pemerintahan dan bisnis Indonesia mengakibatkan laju pertumbuhan bisnis akomodasi, khususnya restoran menjadi pesat. Banyaknya restoran yang ada di Jakarta membuat persaingan dalam industri restoran menjadi sangat ketat sehingga diperlukan upaya pemasaran khusus untuk dapat meraih loyalitas pelanggan. Salah satu pendekatan pemasaran untuk mendukung terciptanya loyalitas pelanggan adalah memasarkan produk dengan menggunakan pengalaman pemasaran (experiential marketing). Dengan mengintegrasikan unsur-unsur emosi, logika dan proses pemikiran umum dapat membangun hubungan dengan pelanggan sehingga dapat menarik kepuasan dan menumbuhkan loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini ini adalah untuk mengetahui tanggapan pelanggan mengenai experiential marketing di Comic Cafe Tebet dan hubungannya dengan loyalitas pelanggan. Adapun jumlah sampel penelitian adalah 100 orang pelanggan Comic Cafe Tebet. Variabel utama penelitian adalah loyalitas pelanggan sebagai variabel terikat (dependent variable), kepuasan pelanggan sebagai variabel antara (intervening variable) dan experiential marketing (pengalaman pemasaran) sebagai variabel bebas (independent variable) yang diukur menggunakan skala Likert. Adapun metode penarikan contoh (sampling) yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan pengolahan data menggunakan program SPSS 17.0. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi pearson product moment dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menyimpulkan experiential marketing telah mampu membawa kesenangan, kenyamanan, inspirasi dan meningkatkan prestise serta relasi pelanggan; para pelanggan merasa puas dan terdapat loyalitas pada tingkatan loyalitas premium. Di samping itu, adanya hubungan yang kuat antara experiental marketing dengan kepuasan pelanggan dan kepuasan pelanggan dengan loyalitas pelanggan sedangkan antara experiential marketing dengan loyalitas pelanggan hanya terdapat hubungan yang sedang. Adanya hubungan yang positif diperkuat oleh tanda koefisien regresi yang menunjukkan nilai yang positif. Berdasarkan hasil penelitian, Comic Cafe Tebet diharapkan dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan dengan meningkatkan kinerja experiential marketing dan mengkombinasikan masing-masing dimensi secara kreatif agar dapat terus mempertahankan loyalitas pelanggan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)