Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:35 WIB
Detail
BukuTahapan-Tahapan Proses Kepuasan Pelanggan Menuju Loyalitas: Studi Kasus Mahasiswa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Bibliografi
Author: ANGGRAENI, DEBBIE VALENCIA ; Prasadja, Heru (Advisor)
Topik: Pemasaran; Jasa; Kepuasan Pelanggan; Loyalitas Pelanggan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Debbie Valencia Anggraeni's Undergraduate Theses.pdf (1.15MB; 83 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1692
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Semakin maraknya perkembangan industri pemasaran jasa saat ini membuat para pelanggan semakin selektif dalam memilih jasa yang diinginkannya, terutama jika jasa tersebut merupakan jasa pendidikan perguruan tinggi. Pelanggan jasa pendidikan perguruan tinggi tentunya mengharapkan menerima jasa pendidikan terbaik dari institusi pendidikan yang merupakan pilihannya. Pemenuhan akan harapan dari para pelanggan tersebut akan mengantarkan pelanggan menuju kepuasan pelanggan dan pada akhirnya kepada loyalitas pelanggan. Unika Atma Jaya sebagai salah satu penyedia jasa pendidikan perguruan tinggi juga harus memperhatikan kepuasan dan loyalitas pelanggannya dengan cara terlebih dahulu mengetahui tahapan apa saja yang terjadi dalam diri pelanggannya, yaitu dari kepuasan pelanggan sampai kepada loyalitas sehingga kemudian Unika Atma Jaya dapat menemukan strategi pemasaran yang tepat dalam tahapan-tahapan yang dialami oleh pelanggannya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif karena sifat dari penelitian ini adalah ingin melihat proses yang terjadi atau muncul pada narasumber yang merupakan pelanggan Unika Atma Jaya. Narasumber berjumlah tujuh orang yang terdiri dari satu orang alumnus, lima orang mahasiswa, dan satu orang Koordinator Marketing & Public Relations Unika Atma Jaya. Teknik pengumpulan data ialah melalui wawancara semi terstruktur dan teknik pengolahan data dengan menggunakan triangulasi.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tahap loyalitas tidak harus dialami secara utuh dan berurutan oleh pelanggan. Pelanggan yang tidak mengalami tahapan loyalitas secara utuh juga ternyata tetap dapat menjadi loyal asalkan pelanggan sampai pada tahapan Partners yang juga disertai dengan adanya sikap retention pada diri pelanggan. Mereka yang sampai pada tahapan akhir loyalitas yaitu Partners dan menunjukkan sikap retention-lah yang dikatakan sebagai pelanggan yang loyal. Melalui penelitian ini juga terungkap bahwa keberadaan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan salah satu sarana yang penting dan tidak boleh diabaikan keberadaannya karena melalui UKM inilah para pelanggan Unika Atma Jaya merasakan kepuasan. Kesimpulan lain yang didapat adalah alumni berperan serta dalam tahapan Prospect (merekomendasikan almamaternya kepada kerabat, anggota keluarga, dan orang lain), Saran pemasaran yang dapat diterapkan dan menjadi masukan bagi usaha pemasaran Unika Atma Jaya adalah: perlu dan pentingnya diadakan penelitian yang membahas mengenai pentingnya Unit Kegiatan Mahasiswa bagi para pelanggan Unika Atma Jaya yang merupakan mahasiswa Unika Atma Jaya, kegiatan UKM agar tidak diabaikan keberadaannya tetapi juga dipromosikan, perencanaan program “Student Gets Student” agar segera diwujudkan, dan segi pluralitas di dalam Unika Atma Jaya dapat menjadi materi untuk promosi ke sekolah-sekolah serta membangun hubungan baik dengan para alumni Unika Atma Jaya sehingga kegiatan rekomendasi (word of mouth) yang dilakukan oleh alumni dapat terus berlangsung, Informasi yang didapatkan dari penelitian ini diharapkan dapat member tambahan masukan bagi Unika Atma Jaya dalam usaha pemasarannya kepada masyarakat luas khususnya siswa SMA.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)