Anda belum login :: 23 Nov 2024 02:14 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Kemandirian Anak Usia 4-6 Tahun TK Vianney Pondok Randu, Cengkareng, Jakarta Barat
Bibliografi
Author:
PERWIRASARI, THIARA
;
Komalasari, Gantina
(Advisor)
Topik:
Kemandirian
;
Anak Usia 4-6 Tahun
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2011
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Thiara Perwirasari's Undergraduate Theses.pdf
(4.59MB;
27 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIPK-437
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Kemandirian diartikan sebagai suatu keadaan yang dapat berdiri sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Kemandirian dibutuhkan individu untuk berhasil menghadapi persaingan di masyarakat. Sikap mandiri yang diajarkan sejak masa kanak-kanak akan membuat individu memiliki rasa percaya diri yang kuat dalam memutuskan sesuatu bagi dirinya. Masa kanak-kanak awal merupakan masa perkembangan kemandirian, yang menggantikan ketergantungan individu terhadap orangtua pada masa bayi. Anak-anak usia 4-6 tahun merupakan anak-anak yang berada pada masa pra sekolah. Peneliti melihat anak-anak TK.Vianney masih bergantung pada orang lain misalnya diantar sampai ke dalam kelas, dibawakan tasnya oleh orangtua atau pengasuhnya, masih ditemani oleh orangtua atau pengasuh pada waktu berbaris. Melihat fenomena seperti itu peneliti ingin mengetahui gambaran kemandirian anak TK. Vianney, karena masing-masing anak tidak sama tingkat kemandiriannya oleh karena itu peneliti ingin melihat tingkat kemandirian anak di sekolah TK. Vianney. Teori yang mendukung penelitian ini adalah teori tugas perkembangan anak pada masa kanak-kanak awal, teori kemandirian dan aspek-aspek kemandirian. Kemandirian adalah kemampuan untuk melalukan tindakan-tindakan sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Anak yang menjadi mandiri sesuai perkembangannya akan menjadi siap bila masuk perkembangan selanjutnya. Pada anak TK anak akan siap menghadapi tugas perkembangan anak usia sekolah, siap memasuki sekolah dasar (SD). Aspek-aspek kemandirian meliputi kemandirian sosial dan emosi, kemandirian fisik dan fungsional, dan kemandirian intelektual. Populasi adalah anak-anak yang bersekolah di taman kanak-kanak Vianney berjumlah 40 (empat puluh) anak dan sampel ada 30 (tiga puluh) anak TK B yang berusia 4-6 tahun, 8 (delapan) anak TK B sebagai uji coba, 2 (dua) anak tidak terpakai karena telah berumur 6 tahun keatas. Jenis penelitian yang dipakai adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah skala penilaian yang diisi oleh guru dan peneliti dengan cara melakukan pengamatan. Total semua pernyataan skala penilaian ada 45 butir yang dibagi atas 3 (tiga) komponen yaitu komponen kemandirian sosial dan emosi; komponen kemandirian fisik dan fungsional; komponen kemandirian itelektual, dengan total 3 aspek masing-masing 2 sub aspek. Hasil pengumpulan data diperoleh dengan cara pengamatan yang dilakukan oleh guru. Hasil pengamatan dimasukkan ke dalam tabulasi hasil pengamatan, lalu hasilnya dimasukkan ke dalam tabulasi skor kemandirian anak. Hasil penelitian menunjukkan semua anak yang menjadi sampel penelitian memiliki tingkat kemandirian yang tergolong tinggi. Komponen kemandirian yang paling tinggi adalah komponen fisik dan fungsional (116,4). Kegiatan anak TK Vianney banyak menggunakan kemampuan motorik yang mendukung kemandirian fisik dan fungsional. Komponen kemandirian yang rendah atau belum dikuasai anak TK. Vianney adalah komponen intelektual (110,7), kegiatan-kegiatan yang mendukung komponen kemandirian intelektual seperti berdongeng dengan menggunakan alat bantu gambar tergolong jarang dilakukan oleh guru. Saran kepada guru taman kanak-kanak dan orangtua yang memiliki anak usia 4-6 tahun adalah memberikan kesempatan kepada anak untuk mencoba melakukan sendiri kegiatan di sekolah maupun di rumah. Hasil penelitian ini diharapkan berguna bagi mahasiswa sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya, dan sebagai calon pendidik penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan pengembangan program kemandirian diri anak pada usia 4-6 tahun.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)