Minat baca adalah suatu perhatian yang kuat dan mendalam disertai dengan perasaan tertarik dan senang terhadap kegiatan membaca sehingga mengarahkan anak untuk membaca atas kemauannya sendiri. Prestasi belajar sebagai hasil yang telah dicapai dari adanya perubahan tingkah laku pada seseorang berupa pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional yang betujuan untuk mengetahui hubungan minat baca dengan prestasi belajar siswa kelas IV SD Ricci II. Jumlah populasi sebanyak 124 orang siswa dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 59 orang responden. Teknik pengumpulan data adalah angket dalam bentuk skala penilaian untuk mendapat data minat baca, dan dokumentasi berupa nilai rapor untuk mendapatkan data prestasi belajar. Skala penelaian minat baca maupun korelasi minat baca dan prestasi belajar dianalisa dengan menggunakan SPSS 17.0 dengan rumus Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan : 1. Minat baca dengan nilai mean 66,49. 2. Prestasi belajar dengan nilai mean 84,62. 3. Korelasi / hubungan antara minat baca dengan prestasi belajar 0,393. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca dengan prestasi belajar pada siswa kelas IV SD Ricci II Bintaro, karena r hitung 0,393 > daripada r tabel 0,254 hal ini diharapkan sekolah dan guru dapat memotivasi minat baca siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar. |