Anda belum login :: 30 Nov 2024 18:39 WIB
Detail
BukuPeningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Cooperative Learning Kelas IV A SD Strada Bina Mulia I Cengkareng Jakarta
Bibliografi
Author: CAHYADI, AGUSTINUS TRI ; Stevanus, Ivan (Advisor)
Topik: Cooperative Learning; Hasil Belajar IPS
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Agustinus Tri Chayadi's Undergraduate Theses.pdf (4.95MB; 16 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-157
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Cooperative Learning adalah suatu pendekatan atau cara belajar yang mencakup suatu kelompok kecil siswa yang bekerja sebagai suatu tim untuk menyelesaikan suatu tugas ,atau mengerjakan sesuatu untuk mencapai tujuan bersama.Cooperative Learning menekankan pada kehadiran teman sebaya yang berinteraksi antar sesamanya sebagai sebuah tim. Falsafah yang mendasari model pembelajaran kooperatif dalam pendidikan adalah falsafah homo homini socius. Falsafah tersebut menekankan bahwa manusia adalah makhluk sosial. Kerjasama merupakan kebutuhan yang sangat penting artinya bagi kelangsungan hidup. Tanpa kerjasama tidakan akan ada individu , keluarga, organisasi, atau sekolah. Pendidikan yang menekankan pada interaksi kooperatif adalah pendidikan yang secara sungguh-sungguh berupaya mengaktualisasikan berbagai semboyan tersebut dalam dunia pendidikan. Hasil belajar adalah kemampuan seseorang atau ukuran tingkat keberhasilan seseorang dalam menguasai pengetahuan, dimana ia belajar dan memiliki ketrampilan tertentu setelah ia melakukan suatu proses kegiatan yang menjadi suatu pengalaman dan menghasilkan perubahan yang dinyatakan dalam suatu kecakapan, kebiasaan, sikap, serta pengetahuan. Jenis penelitain ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Strada Bina Mulia I Cengkareng Jakarta Barat. Subjek penelitian adalah siswa –siswi SD kelas IVA sebanyak 34 siswa yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki, satu orang guru sebagai peneliti, dibantu oleh observer dan pengambil dokumentasi. Penelitian ini dibagi menjadi dua siklus. Siklus pertama dan kedua diadakan satu kali pertemuan dengan menggunakan penerapan cooperative learning. Tujuan dari dua siklus ini adalah agar anak dapat memahami mengenai perkembangan teknologi produksi dan transportasi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPS mereka. Hal ini dilakukan dengan cara membawa siswa pada dunia nyata mereka melalui kerjasama dalam kelompok yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran di kelas menjadi lebih menarik dengan penerapan cooperative learning. Melalui pendekatan ini siswa dapat mengaitkan materi yang mereka pelajari dengan kehidupan nyata yang mereka alami sehari-hari, sehingga belajar menjadi bermakna. Siswa dapat menentukan sikap mereka dalam hal belajar. Penerapan cooperative learning cenderung meningkatkan hasil belajar IPS yang diperoleh siswa kelas IV. Hal ini terlihat dari perbandingan nilai pre test dan post test pada siklus I dan siklus II. Hasil nilai pre test pada siklus I sebesar 43 % dan nilai post test sebesar 57 %. Hal ini menunjukkan ada peningkatan nilai pre test terhadap post test sebesar 14 %, sedangkan hasil nilai pre test siklus II adalah 42 % dan post test sebesar 58 %. Hal ini menunjukkan ada peningkatan nilai pre test terhadap post test sebesar 16%. Jadi pada masing-masing siklus terjadi peningkatan hasil belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan guru memiliki kemampuan untuk menerapkan cooperative learning yang menarik siswa dalam proses pembelajaran. Dan bagi para siswa agar terus dapat meningkatkan hasil belajar IPS sebagai modal bagi masa depannya agar dalam menghadapi persaingan yang semakin tinggi di era globalisasi sekarang ini. Bagi sekolah agar dapat mengembangkan pembelajaran IPS di sekolah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)