Anda belum login :: 27 Nov 2024 07:56 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Meningkatkan Sikap Belajar Positif Terhadap Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Melalui Pemberian Motivasi Dan Penguatan Siswa Kelas 1 Sd.
Oleh:
Helen
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi:
Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling vol. 6 no. 2 (Oct. 2008)
,
page 91-99.
Topik:
Motivasi
;
Reinforcement
;
Learn
;
Attitude
;
Rule
Fulltext:
Helen.pdf
(49.17KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
PP51.3
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Perpustakaan PKPM
Nomor Panggil:
J77
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Motivasi sebagai daya kekuatan yang mendorong siswa kelas I SD untuk belajar. Siswa yang belajar akan mengalami perubahan dalam pengetahuan, keterampilan dan perubahan sikap. Sikap siswa saat belajar terlihat dari kesediaanya untuk mengerjakan tugas-tugas dengan baik termasuk melaksanakan tata tertib sekolah. Sikap belajar siswa yang belum positif terhadap pelaksanaan tata tertib sekolah yaitu hadir tepat waktu, buku-buku pelajaran tidak dibawa dan seragam yang dikenakan tidak lengkap. Hal tersebut terbukti dari pengamatan yang dilakukan selama prasiklus ada 76,48% siswa datang tepat waktu, 82,22% siswa tidak rapi mengenakan seragam dan 94,12% siswa belum tertib saat proses belajar. hasil penelitian yang dilaksanakan dalam tiga siklus diperoleh siswa datang tepat waku dari 29,41% menjadi 70,59%. Siswa yang tertib saat proses belajar dari 5,88% menjadi 52,94%. Sedangkan siswa yang lengkap mengenakan seragam adalah 11,76% menjadi 58,82%. Guru duharapkan memotiver siswa agar peka pada pelaksanaan tata tertib sekolah. Guru memperbanyak pemberian motivasi dan penguatan bermakna bagi siswa agar sikap belajar positif siswa SD makin meningkat.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.03125 second(s)