Anda belum login :: 23 Nov 2024 07:44 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pendidikan sebagai Kontrol Sosial dan Kebebasan Individu. Diskursus mengenai Pendidikan menurut Plato (dalam Majalah Filsafat Driyarkara Tahun XXV, No. 4)
Bibliografi
Author:
Jena, Yeremias
Topik:
pendidikan
;
keutamaan
;
kontrol
;
keadilan
;
partisipasi publik
;
kebebasan individu
;
tugas tandingan
Bahasa:
(ID )
ISBN:
0216-0243
Penerbit:
Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2002
Jenis:
Article - untuk jurnal ilmiah
Fulltext:
Makalah Pendidikan Menurut Plato.pdf
(9.45MB;
18 download
)
Abstract
Pemahaman konsep pendidikan Plato harus ditempatkn dalam discourse upaya Plato merekonstruksi sebuah polis yang adil dan autarkis (swasembada). Pendidikan bukan hanya untuk mencapai episteme melainkan juga untuk pembentukan karakter dan watak (character building) warga negara, khususnya para penjaga agar mereka memiliki keutamaan keberanian dan keugaharian. Filsuf-raja yang telah memandang to Agathon paling berhak untuk memimpin polis dan menentukan (mengontrol) jalannya pendidikan dalam suatu pemerintahan aristokratis yang adil. Namun, bila ditempatkan dalam konteks demokrasi jaman sekarang, model pendidikan semacam ini akan menihilkan partisipasi publik dan memasung kebebasan individu. Pendidikan menjadi dominasi pemerintah demi perpetuasi kekuasaannya. Dalam negara demokrasi, mengikuti Paulo Freire, rakyat harus diberi kesempatan untuk menjalankan “tugas tandingan” dalam pendidikan.
Related courses
KIT 215 - FILSAFAT PENDIDIKAN (Bacaan Anjuran)
KPT 108 - FILSAFAT PENDIDIKAN (Bacaan Anjuran)
KSD 201 - FILSAFAT PENDIDIKAN (Bacaan Anjuran)
KSD 204 - ETIKA PENDIDIKAN (Bacaan Anjuran)
KWI 215 - FILSAFAT PENDIDIKAN (Bacaan Anjuran)
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)