BCA adalah perusahaan perbankan yang cukup terkenal di Indonesia. Penulis ingin mengetahui apakah ada pengaruh antara kepuasan nasabah terhadap loyalitas. Untuk membantu penelitian tersebut maka penulis melakukan survey dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden nasabah BCA cabang Green Garden. Dan hasil uji signifikans, uji t dan uji F dapat disimpulkan memang terdapat pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas. Hal ini juga dapat dilihat pada R square sebesar 75,2% yang artinya pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas sebesar 75,2% sedangkan sisanya yaitu 24,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Setelah melihat hasil penelitian tersebut maka penulis memberikan saran sebagai berikut: bahwa sebaiknya BCA selalu meningkatkan pelayanannya dan mengeluarkan produk-produk yang semakin inovatif. Selain itu BCA juga sebaiknya memberikan pelatihan bagi para karyawan khususnya untuk meningkatkan dimensi empathy. |